Pericardium effusion dan Cardiac Tamponade

Rabu, 12 Desember 20120 komentar


Efusi perikardial ("cairan di sekitar jantung") adalah akumulasi abnormal cairan dalam rongga perikardial . Karena jumlah terbatas ruang dalam rongga perikardial, cairan akumulasi mengarah ke tekanan intrapericardial meningkat yang negatif dapat mempengaruhi jantung fungsi. Sebuah efusi perikardial dengan tekanan yang cukup untuk mempengaruhi fungsi jantung disebut tamponade jantung . Efusi perikardial biasanya dihasilkan dari keseimbangan terganggu antara produksi dan re-penyerapan cairan perikardial , atau dari kelainan struktural yang memungkinkan cairan masuk ke rongga perikardial.
Tingkat normal cairan perikardial adalah 15-50 mL.


Cardiac  tamponade , juga dikenal sebagai tamponade perikardial, merupakan tipe akut efusi perikardial di mana cairan terakumulasi di pericardium (kantung di mana jantung tertutup).
Tamponade jantung adalah tekanan pada otot jantung yang terjadi ketika ruang perikardial mengisi dengan cairan lebih cepat dari kantong pericardial dapat meregang. Jika jumlah cairan meningkat perlahan-lahan (seperti di hypothyroidism ) kantung pericardial dapat memperluas mengandung liter atau lebih cairan sebelum terjadi tamponade. Jika cairan terjadi dengan cepat (seperti yang mungkin terjadi setelah trauma atau pecah miokard) sesedikit 100 ml dapat menyebabkan tamponade. 

Gejala Klinik

Gejala klinik tergantung dari jumlah cairan dan kecepatan penimbunan cairan dalam kavum perikardium. Penderita efusi perikardial tanpa tamponade sering asimtomatik. Kurang dari 30% penderita menunjukkan gejala seperti nyeri dada, napas pendek, ortopnea atau disfagia.I6 Pada pemeriksaan fisik tampak vena leher terbendung, suara jantung terdengar jauh, tekanan nadi mengecil dan takikardia. Tamponade jantung memberi gejala: gelisah, sesak napas hebat pada posisi tegak dan sesak agak berkurang jika penderita membungkuk ke depan, takikardia, tekanan nadi menyempit, pulsus paradoksus (tekanan sistolik turun lebih dari 10 mmHg pada inspirasi), hipotensi sampai syok. Batas jantung melebar, suara jantung terdengar jauh, terdengar gesekan perikardial, serta vena leher melebar dan berdenyut.


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Asal Tau Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger